Jumat, 02 April 2010

Suka Rinso??

Pernah rasakan rindu kan? Berjuta rasanya. Karena ada cinta maka ada rindu. Indah banget. Tapi gimana kalo rindunya sama suami orang? Lebih indah atau malah petaka? Bisa juga ngga dua-duanya. Semua tergantung dari kita menyikapinya.

Tulisan ini obrolan diperjalanan, kebetulan saya duduk ma teman kerja yang saya hormati, ibu ini usianya udah 56 tahun tapi masih cantik, penampilannya modis banget ditunjang badannya yang masih bagus. Saya kagum ma si ibu karena masih sangat aktif, selain kerja satu agency ma saya, beliau juga punya usaha sendiri yang sangat sukses, hasil kerjanya sering kita lihat di acara show di tv-tv swasta, padahal suaminya pensiunan petinggi di salah satu BUMN, sekarang suaminya jadi konsultan.

Obroln tentang RinSO (Rindu Suami Orang) dimulai ketika cerita tentang suaminya. Dengan bangga beliau bilang, “Aku tadi disangoni suami $ 500..hehehe. Tadi dia juga ke bandara mau ke Surabaya. Nanti dia pulang, aku belum datang. Pas aku pulang dia di Menado, ketemu paling Minggu.”

Saya senyum denger ceritanya, “Masih disangoni juga ya, Bu?”

“Hehehe iya” jawab si ibu. Terus si ibu bilang, “Eh, suamiku abis ngasih uang langsung samperin anjingnya,ngasih makan, untung aja ada anjing jadi dia keluar suaranya.”

“Loh ko’ gitu, Bu?” saya heran.

“Iya suamiku tuh pendiem banget, ga pernah ngomong. Nurun ke anak juga. Kata terapis, piara binatang aja biar bisa komunikasi. Bener tuh ada anjing anakku jadi lancar ngomongnya, suami juga lumayan ada suaranya…hehehe”

“Kadang malu ma temen punya suami kayak gitu, pernah aku kenalin ma temen, jangankan ngomong senyum aja ga mau, padahal temenku tuh donator tetap yayasanku. Aku sampe minta maaf sama temenku abis mau digimanain lagi suamiku emang kayak gitu.”

Si ibu diam sebentar, tarik nafas terus lanjutin lagi ceritanya, “Dulu waktu umurku 40an, pernah seneng ma teman kerja, karena itu juga…”“Dia ramah banget, banyak senyum, cakep, selalu wangi, pokoknya beda banget ma suami. Dimataku dia sempurna banget. Aku selalu rindu ketemu dia. Seneng banget kalo udah ngobrol, bisa cerita macem-macem. Ketawa-tawa. Sampe suatu saat ada kesempatan kami kerja keluar negeri. Waktu itu acara makan malam, aku siapin seistimewa mungkin, pake gaun malam yang sexy, kami duduk satu meja. Pas makan dimulai,,ya ampuuun, dia makannya ngecap, kalo orang Sunda bilang nyeplak ya, mulutnya bunyi gitu, terus dia bersendawa. Hancur deh semuanya, bayangin aja, kami pake baju bagus, rapi, dihotel bintang 5, dia makannya kayak gitu. Ga ada etika. Udah gitu dia bilang pengen cepet ganti jas nya pake sarung. Bener-bener deh hilang semua kekaguman.”

“Emang pake sarung kenapa Bu?” tanya saya.

“Aku tuh dari daerah, dari kecil ga suka liat bapak-bapak pake sarung sambil duduk-duduk. Menurutku kampungan. Sekarang sih bagus di mobil-mobil mewah aku lihat ada sajadah ma sarung tapi tetep tuh ga bisa rubah anggapanku”

Saya berusaha jadi pendengar yang baik jadi cuma senyum aja denger penjelasannya.

“Untung aja Allah liatin semuanya jadi aku ga keterusan rindu suami orang…hehehe” katanya lagi sambil senyum. “Aku juga jadi ngerti ternyata semuanya ga ada yang sempurna. Kita mau nyari kayak apa, gonta-ganti, tetap setiap orang tuh ada kekurangannya. Makanya sejak itu aku terima suamiku apa adanya. Dia yang terbaik buatku.”

Saya jadi berpikir ternyata hal yang sepele bisa merubah sikap seseorang dan yang pasti menurut orang itu ga sesepele yang kita pikir. Pelajaran dari yang sudah pengalaman, buat yang mulai ada benih-benih RinSO: ga ada yang sempurna, terus cari kekurangannya yang ga bisa kita tolerir. Semoga bisa jadi pencegah suka RinSO, sebelum berbusa, karena RinSO yang ini ga bisa mencuci sendiri,,,hehehehe jayus.

Ada satu lagi pelajaran dari si ibu, waktu belanja, yang lain sibuk beli baju, sepatu, tas, ibu ini malah beli baju tidur dengan harga kalo dirupiahkan 850 ribu. Waktu saya bilang mahal, si ibu bilang gini, ‘aku kalo keluar rumah pake baju mahal bermerk, masa’ buat nemenin suami tidur pake baju murah.’

Itu sentilan karena saya belum pernah beli baju tidur lebih mahal dari baju lainnya, apalagi harga segitu…hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar