Jumat, 09 April 2010

Nyamuk Takut Suara


Nyamuk atau serangga bisa diusir dengan bunyi atau suara ultrasonic

Suara atau bunyi ultrasonic yaitu suara/bunyi yang mempunyai frekwensi diatas 20000 Hz dapat membuat nyamuk atau serangga merasa tidak nyaman atau terganggu sehingga membuat mereka menyingkir. Salah satu cara sedehana untuk menghasilkan suara ultrasonic adalah melalui speaker komputer (untuk speaker dan audio sistem komputer yang support). Hal ini bisa dilakukan dengan teknik pemrograman yang cukup sederhana yaitu dengan memanfaatkan salah satu fungsi Application Programming Interface (API) untuk membunyikan suara di speaker komputer yaitu fungsi Beep sebagai berikut :

Public Declare Function Beep Lib “kernel32″ (ByVal dwFreq As Long, ByVal dwDuration As Long) As Long

Fungsi Beep tersebut akan membunyikan suara di speaker komputer dengan frekwensi tertentu (dwFreq) selama waktu mili detik yang diberikan (dwDuration). Sehingga jika kita ingin membunyikan suara dengan frekwensi 20000 Hz selama satu detik maka perintahnya adalah :

Beep 20000, 1000

Lalu kita manfaatkan fungsi ini untuk mengeluarkan suara dengan frekwensi 20.000 sampai 22.000 Hz pada speaker komputer secara kontinue dan berulang untuk mengusir nyamuk. Ide ini saya tuangkan dalam bentuk suatu program yang saya namakan ‘VBA Mosquito Repeller’ yaitu program pengusir nyamuk yang dijalankan melalui aplikasi Ms. Excel.

Jika tertarik dan ingin mendownload program ini silahkan kunjungi link dibawah ini :
http://www.saranaberbagi.com/index.php?m=product_services&act=detail&content_id=241

Tidak ada komentar:

Posting Komentar