Rabu, 07 April 2010

Motocross Listrik KTM


kabarnya kedua motor listrik ini sudah siap untuk diproduksi masal. Rupanya pabrikan sepeda motor KTM asal Austria benar-benar serius untuk memproduksi motor listrik. Buktinya KTM begitu percaya diri memamerkan dua motor konsep bertenaga listrik di gelaran Tokyo Motorcycle Show 2010 akhir pekan lalu.

Dua sepeda motor yang dipamerkan memiliki konsep yang berbeda. Meski sama-sama mengusung nama “KTM Freeride” namun secara desain, yang satu bertema off road murni sedang varian lainnya merupakan jenis on road. Mungkin versi kedua lebih cocok disebut sebagai supermoto-nya motor listrik.

Kedua varian ini bisa jadi menjadi cikal bakal balap motocross dan supermoto dengan motor bertenaga listrik. Selama ini seperti kita ketahui KTM sangat popular diajang garuk tanah dunia. Apalagi KTM juga mengklaim bahwa performa dan ketangguhan “KTM Freeride” akan setara dengan tipe motor motocross bermesin konvensioal 125cc 2tak.

“Faktor-faktor seperti getaran, kotoran, air dan kemampuannya untuk terus hidup di medan ekstreem sekalipun sudah diperhitungkan dengan sempurna agar motor listrik berkekuatan 22 KW bisa bekerja normal,” ungkap Harald Plockinger, COO and Board Member of KTM Sportmotorcycle.

“Ini semua berkat battery drive unit yang khusus dirancang untuk kegiatan ekstreem. Dan kita sudah patenkan diseluruh dunia,” lanjut Plockinger.

Meski begitu secara harga juga dipastikan tak akan jauh berbeda dengan varian motor khusus motocross, special engine 125cc. Yaitu sekitar 10 ribu euro, atau sekitar Rp 130 jutaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar