Rabu, 31 Maret 2010

Cegah Sepul Tiger Gosong

AFASTWORLD - Waktu berkendara di malam hari, tiba-tiba pancaran headlamp Honda Tiger 2005 tunggangan Bejo redup. Besoknya, pas mesin hendak dipanasi, electric starter tak bisa difungsikan. "Masak iya akinya sudah ngedrop? Padahal baru diganti 2 bulan yang lalu,"

Enggak mau masalahnya berlarut-larut, Bejo menyambangi bengkel terdekat. Mekanik bengkel tersebut langsung menuding kiprok jadi biang keroknya. Tak ayal, dana Rp Rp 240 ribu dikeluarkan Bejo buat nebus ki­prok anyar.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Masalah selesai? Belum tuh, aki tetap enggak mau ngisi. Makin puyeng saja Bejo. Dana sudah dikucurkan, problem belum juga rampung. Enggak ingin aktivitas jadi terganggu, Bejo lantas cari bengkel spesialis Tiger.

Analisa berbeda meluncur dari mulut mekanik MM, Untung Basuki atas masalah pada tunggangan Bejo. "Wah ini pasti karena soket sepul gosong, Tiger generasi lama sering alami hal tersebut,"

Masih analisa Untung, fisik soket yang kecil (Tiger generasi Revo, soketnya sudah besar) dan beban listrik besar, membuat perangkat itu cepat panas (gbr.1). Lama-lama, malah jadi gosong dan mengganggu fungsi kelistrikan yang lain, termasuk aki anyar jadi cepat ngedrop.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ganti part yang gosong dengan soket baru berkaki 4 bawaan mobil (gbr.2). "Jangan lupa sekalian konektornya. Selain lebih besar, harga komponen tersebut hanya Rp 15 ribu,"

Part pengganti sudah di tangan, lanjutannya cara aplikasi. Sebelumnya siapkan alat berupa tang potong dan jepit. Lalu potong keempat kabel (2 kuning, 1 hijau muda garis merah, dan 1 hijau). Lanjutkan mengupas kabel, usahakan isi kabel terlihat sekitar 1 cm. Jika sudah, pasang konektor pada tiap kabel dengan tang jepit (gbr.3).

"Khusus kabel kuning dipasang bersilang (gbr.4). Perhatikan letak kabel, jangan sampai ada yang tertukar," wanti pria ramah ini. Terakhir sambungkan soket (gbr.5), dan dites deh. Aliran listrik lancar, lampu terang lagi dan elektric starter jreng lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar