Kamis, 01 Desember 2011

Boxer Design Superbob Concept, V-Twin 158 hp Pakai Turbocharger



Boxer Desain
dari Perancis bikin kejutan di 2011 Salon de la Moto Show di Paris, Perancis. Menyuguhkan motor futuristik berjuluk Superbob Concept.

Karena yang paling istimewa adalah mesinnya, maka kita intip dulu jantung 1.000 cc-nya. Superbob Concept menggunakan mesin V-Twin dengan sudut 88 derajat. Pabrikan ini mengklaim tenaganya mencapai 158 hp di 9.500 rpm dan 92 ft-lb untuk torsinya di 8.000 rpm.

Performa yang bertenaga ini diperoleh dari aplikasi turbocharger. Meski low pressure, hanya 0,3 sampai 0,4 bar tapi diyakini mampu memberikan suplai tenaga yang baik diputaran bawah hingga menengah.

Kejutan bukan cuma di mesin, rangkanya juga istimewa. Mirip Ducati 1199 Panigale, motor ini pakai sasis monocoque carbon fiber. Konstruksinya juga mirip karena menempatkan air box di rangka.

Sedang suspensinya mirip BMW dengan gaya duolever. Suspensinya tunggal diletakan di area komstir. Yang belakang pakai monoshock dengan single arm. Perangkat pengeremannya dibekali diskbrake radial empat piston 320 mm dua buah di depan dan satu disk 245 mm di belakang.

Sesuai dengan konsepnya yang futuristik, finishingnya juga futuristik. Warna silver dan kroom bisa ditemui di hampir semua bagian motor. Aksen karbon dan kulit juga bisa ditemui di beberapa bagian.

Keren deh! (motorplus-online.com)

1 komentar: